Saturday, August 27, 2011

Yuk Jadi ECO-DRIVER!

Tentunya mengendarai kendaraan bermotor juga harus punya prinsip hijau dong ya... :)

1. JANGAN memanaskan mobil terlalu lama karena boros bensin. Apalagi mesin mobil-mobil sekarang dirancang untuk cepat panas.

2. JANGAN mengubah kecepatan secara tiba-tiba. Naikkan secara perlahan, dan JANGAN langsung tancap gas begitu mobil dinyalakan. Tunggu kira-kira 5 detik sebelum mencapai 20km/jam. Demikian juga sebaliknya, turunkan kecepatan secara perlahan.

3. Usahakan injak gas seminim mungkin--yg artinya menyetir dengan kecepatan konsisten. Atur pada kecepatan tetap, yaitu 40-50km/jam. Sekalian melatih kesabaran juga lho ini... :) Hindari mengebut atau kebut-kebutan karena konsumsi BBM 30% lebih boros dibandingkan dengan kecepatan normal.

4. Perhatikan tekanan ban mobil. Jika ban kurang angin, kelembaman kendaraan akan menurun, sehingga butuh energi lebih banyak untuk bergerak. Ban yang kurang angin menambah konsumsi BBM hingga 3% menambah emisi gas sampai 5%, dan juga dapat membahayakan pergerakan mobil.

5. Matikan mesin kendaraan kalau sedang menunggu atau berhenti lebih dari 30 detik--yang ternyata.... jika menyalakan kembali mesin faktanya lebih sedikit menghabiskan energi dibanding jika mesin dibiarkan menganggur selama 10 detik.

6. Tukar gigi ke netral kalau akan berhenti di lampu merah. Hal ini juga berlaku untuk mobil matic.

7. Kendarai mobil di gigi tinggi pada kecepatan rendah. Posisi gigi transmisi tinggi lebih hemat BBM lho!

8. Turunkan kecepatan di jalanan yang menanjak.

9. JANGAN isi mobil dengan barang-barang berat karena akan mempengaruhi aerodinamika mobil dan mengurangi efisiensi BBM.

10. Rencanakan rute perjalanan agar BBM tidak terbuang percuma karena terjebak macet ataupun tersesat. Ini antisipasi juga untuk mencegah akselerasi tajam dan mengerem mendadak.

11. Rawat kendaraan secara teratur. Servis rutin jika kendaraan Anda sudah menempuh jarak 5000 km untuk memastikan keadaan mesin tetap dalam kondisi baik.

12. Pakai BBM yg beroktan tinggi. Pembakarannya lebih sempurna dan bersih sehingga lebih hemat dalam jangka panjang.

(Sumber: Hidup Hirau Hijau)

No comments:

Post a Comment