Tuesday, June 28, 2011

Green Your Holiday!

Siapa yang tidak suka berlibur? No one! Everybody loves holiday. Tapi jangan sampai euforia liburan membuat Anda lupa untuk tetap ramah lingkungan lho... Here are the things that you can do:

1. Gunakan kendaraan yang keluaran emisi CO2nya kecil. Walaupun mobil hybrid masih jarang di Indonesia, pilihlah mobil yang gas buangnya paling sedikit. Atau, tinggalkan saja mobil Anda di rumah, gunakan kendaraan umum atau nebeng.

2. Gunakan sarana transportasi massal. Anda bisa menyewa sepeda, naik delman, naik becak, atau berjalan kaki untuk menikmati keindahan dan keunikan daerah yang kita kunjungi termasuk tempat-tempat indah yang tersembunyi.

3. Bertemanlah dengan banyak orang saat di perjalanan. Siapa tahu Anda bisa share kendaraan. Hemat emisi CO2, hemat biaya perjalanan, dan liburan pun akan semakin menyenangkan. The more the merrier!

4. Belilah makanan di kaki lima, warung, atau restoran penduduk. Hal ini dapat mengurangi emisi yang digunakan untuk mengangkut bahan makanan dari lokasi yang jauh. Anda pun bisa memberikan kontribusi langsung pada kehidupan ekonomi masyarakat lokal. Dan biasanya, makanan di warung lokal jarang yang menggunakan plastik/sterofoam.

5. Bawalah botol minuman Anda sendiri sehingga bisa diisi ulang. Tak perlu lagi beli botol minuman plastik kan?...

6. Jika Anda ingin belanja oleh-oleh untuk dibawa pulang, bawalah kantong belanja sendiri sehingga Anda mengurangi pemakaian sampah plastik.

7. Disiplinkan diri Anda dengan tidak membuang sampah sembarangan.

8. Pilih tujuan wisata yang menawarkan layanan yang lebih 'hijau' atau punya program lingkungan.


9. Dengan berlibur, Anda pasti akan banyak menggunakan toilet umum. Jika tersedia, pilih hand dryer daripada tisu kertas. Energi listrik yang dikeluarkan hand dryer lebih sedikit dibandingkan energi yang dibutuhkan dalam proses produksi tisu kertas tersebut. Hand dryer juga lebih hieginis karena angin panasnya dapat membunuh bakteri.

And we guarantee, being a responsible traveler is (more) fun!

No comments:

Post a Comment