Tuesday, June 28, 2011

Hijaukan Perangkat Elektronik Anda di Rumah

Teknologi sudah menjadi salah satu kebutuhan manusia. Apalagi kalau bukan karena fungsinya yang canggih dan praktis. Rumah pun rasanya seperti rumah purba jika tanpa peralatan elektronik seperti televisi, kulkas, vacum cleaner, dan masih banyak lagi.

Tidak salah jika Anda punya suatu 'ketergantungan' terhadap peralatan elektronik di rumah, namun ada beberapa hal yang harus Anda tahu. Jadilah konsumer pintar dengan tidak membuang-buang energi dari berbagai peralatan elektronik yang Anda miliki. Untuk menghindarinya, berikut beberapa tip dari kami:

1. Go rechargeable
Lima belas milyar baterai diproduksi setiap tahunnya, yang sebagian besar adalah jenis baterai disposable (sekali pakai), dan sebagian kecil dari baterai tersebut yang bisa didaur ulang. Pilih baterai yang bisa diisi ulang. Alternatifnya bisa dengan lithium-ion (Li-Ion) dan nickel metal hydride (NiMH).

2. Matikan dan cabut!
Matikan peralatan listrik jika tidak dipakai. Lepaskan juga steker dari sambungan listrik karena kondisi seperti itu masih memakan energi. Opsi 'stand by' tidak menjamin energi dari perangkat elektronik Anda terbuang sia-sia.

3. Pilih yang paling hemat energi
Sekarang sudah semakin banyak brand-brand yang mengeluarkan produk berbasis eco-friendly.

4. Jangan dibuang!
Jika Anda membeli alat elektronik baru, misalnya televisi, DVD, telepon, dan lain sebagainya, jangan buang barang lama Anda! Anda bisa melelang, atau memberikan ke lembaga-lembaga yang mau menerima barang tersebut.

5. Tidak selalu harus baru
Membeli barang second tidak buruk kok. Jika Anda teliti memilih, Anda bisa mendapatkan barang-barang yang kondisinya tidak jauh berbeda dengan yang baru. Dengan membeli barang second, Anda tidak perlu khawatir energi (dan polusi) yang terbuang dalam memproduksi barang baru tersebut.

6. Rajin membersihkan
Bersihkan barang-barang elektronik Anda seperti saringan penghisap deb dan saringan AC. Saringan yang tersumbat menyebabkan motor bekerja lebih berat sehingga menggunakan lebih banyak listrik.

Banyak yang masih bisa Anda lakukan. All you have to do is finding it out, and be creative! :)

No comments:

Post a Comment