Thursday, June 23, 2011

Save Ocean! How?

Laut adalah salah satu tempat terbaik untuk bertamasya. Anda bisa berjemur, berenang, dan melakukan aktivitas-aktivitas seru lainnya seperti flying fish, banana boat, surfing, diving, snorkeling, dan masih banyak lagi.
Selain menjadi tempat wisata, laut juga menjadi salah sumber makanan, bahkan sumber obat-obatan.
Mengingat penggunaan laut yang multifungsi, kita sebagai manusia harus turut menjaganya karena jika sampai rusak, kita sendiri yang akan kehilangan, dan turut mempengaruhi kondisi lingkungan sekitar.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga laut:
1. Pilih seafood yang Anda konsumsi dengan bijak. Jangan makan ikan-ikanan yang spesiesnya dilindungi.
2. Speak up! Jangan bosan-bosan berbicara dengan teman-teman Anda tentang keharusan mereka untuk ikut serta dalam menjaga laut. Atau bahkan Anda bisa bergabung atau berdiskusi bersama dengan lembaga-lembaga kelautan yang ada di sekitar Anda.
3. Jangan pernah mengambil koral-koral dari tempatnya. Atau jika Anda memang mau mengambilnya, boleh saja, dengan syarat Anda akan ikut membudidayakan koral tersebut.
4. Pastikan wisata Anda ke laut eco-friendly. Jangan menyampah di pantai karena kami pun yakin banyak disediakan wadah untuk sampah yang layak.
5. Jika Anda ke laut, parkir jauh-jauh kendaraan bermotor Anda dari kawasan pantai. Anda tidak mau jejak karbon dari knalpot mobil Anda mencemari udara sekitar pantai kan? Berjalan kaki/bersepeda lebih sehat, dan nikmatilah udara segar lautan!

So, will you try this, soon? :)

No comments:

Post a Comment